foto berita artikel Yahoo menargetkan akan me-launching tanggal peluncuran Yahoo Messenger (YM) 9.0 di Windows XP, seminggu setelah Microsoft merilis Windows Live Messenger versi beta. Yahoo Messenger 9.0 merupakan update instant messenger sebagai Windows Live beta dari Windows Live Messenger 8.5, dan telah memperkenalkan improvisasi yang menyenangkan di atas versi 8.1 yang sebelumnya telah memuaskan loyalitas Yahoo. Yahoo sendiri juga telah melakukan redesign interface dengan lebih banyak skin, ruang, dan kemampuan excellent untuk melihat gambar public dan video dalam jendela chatting.

Yahoo Messenger 9.0 memiliki fitur untuk peringatan spam dan kemampuan chat dengan teman langsung dari website mereka atau halaman profil online. YM 9.0 ini memiliki thumbnail avatar yang lebih besar dan ruang untuk membaca status pesan kontak. YM 9.0 juga dapat mengupdate status user dengan aktivitas yang sedang dilakukan user di Yahoo's Buzz, Avatars, 360, atau MyBlogLog. Selain itu, terdapat layanan dari operator pihak ketiga TrueSwitch, yang akan menjelajahi IM, email, dan account jejaring social, termasuk Outlook dan Facebook,untuk user yang telah sign up ke Yahoo IM. TrueSwitch juga akan mengirim pesan permintaan kepada teman user untuk meng-invite user ke account Messenger mereka.

Perubahan yang terjadi pada YM 9.0 ini termasuk skin baru, seperti tema gelap, hanya dengan satu click tombol di sebelah kanan logo Messenger. Status dalam YM 9.0 juga support dengan emoticon dan link. Yahoo Messenger 9.0 juga dapat mengangkut video dan URL gambar secara langsung ke jendela chat. Yahoo Messenger 9.0 selain memiliki smiley face tradisional, juga gambar display emoticon yang lebih banyak dan lebih besar dari versi seblumnya 8.1. Sedangkan untuk pengontrol spam, terdapat peringatan pesan spam dalam jendela percakapan, yang diberi tanda hurufnya dipertebal, dan satu fasilitas mematikan pesan tanpa harus log in ke situs Yahoo.

Yahoo Messenger 9.0 memiliki brand fitur baru, Pingbox, dimana pemilik website dan pengunjung Yahoo dapat chatting secara real time. Situs seperti bloggers, eBay atau jejaring social dapat menggunakan Pingbox di jendela chat di situs mereka untuk berkomunikasi dengan aplikasi Yahoo Messenger, secara real time